MacBook (Pro/Air) Black Screen dan Hanya Tampil Cursor Aja

Jadi cerita singkatnya gini, saat melakukan upgrade macOS, tanpa sengaja laptop itu ke sleep atau ke hibernate. Dan, saat dihidupkan kejadian deh yang namanya layar macbook itu jadi gelap dan keliatan cursornya aja. Pertama sih ga panik, mikirnya “ah paling cukup reset PRAM atau SMC aja normal lagi nih“. Tapi pas sudah dilakuin, jeng…jeng…jeng. GA MAU! Jadi mulai panik dan bingung stadium akhir! “Alamak bakal ke service center dah ini, pengeluar tak terduga lagi dah ini T-T ampun…

Tarik nafas dalem-dalem dan browsing singkat sana-sini di Google, dapet deh solusinya disiniah lega… (hahaha)

Ikuti step-step berikut ya, karena males ngetik ulang jadi aku screenshot aja.
screen-shot-2017-02-01-at-11-21-45-am

Analisa singkat saya sih, karena ga kelar waktu proses upgrade dan jadi kesimpen gitu cache-nya. Dilihat dari step ke 7 dan 8, disana perintah ngapus file yang kalo saya liat itu untuk ngapus file cache yang kesimpen didalem folder profile user macbook kita. Ok, cukup segitu dan semoga membantu buat yang ngalamin kejadian yang sama. Oia, note terakhir, ini langkah untuk macbook yang baterainya ndak bisa dicabut. Sekelas sama macbook air dan pro yang seri late 2013 gitu.

Iklan

Resize Ukuran Google ReCaptcha (Responsive)

Jadi gini, catetan buat diri sendiri. Biar ndak bingung lagi nyari linknya. hehehe. Bagus banget memang “produk” Google yang satu ini. Biar kita ndak kena yang namanya spam dari form aplikasi web kita. Nah, masalahnya di Google ReCaptcha ini, kadang ndak responsive gitu di ukuran layar smartphone apalagi lebih kecil lagi. Dapet nih caranya di situs ini untuk ngakalinnya. Sekilas caranya dengan mainin scale dari ukuran si captcha ini.

screen-shot-2017-01-27-at-2-28-11-pm

Untuk nyesuaiin di smartphone bisa dengan cara @media aja.

screen-shot-2017-01-27-at-2-32-04-pm

Atau yang mau lebih keren lagi ada di link ini.

Ok, segitu dulu catetan untuk kali ini.

Happy coding

Yuk Jaga Diri dari Berita HOAX!

Saat browsing santai, buka kanal berita akhir-akhir ini banyak sekali berita hoax dan rasanya kok ya pengen memecah belah masyarakat (mungkin perasaan saya aja nih, soalnya belakangan ini sering baper T-T). Balik ke topik, kita semua sebaiknya menyikapi dengan bijak. Ini loh ya sekedar sharing video di YouTube. Saya sering nih ngikuti petualangan Trevor James dichannelnya The Food Ranger (buat nambah nafsu makan sama biar inget bahwasanya makanan enak itu ada dimana-mana, hehehe). Trus, apa coba hubungannya jaga diri sama video di YouTube ini? Coba di telaah berikut ini.  Continue reading “Yuk Jaga Diri dari Berita HOAX!”

Bermain-main dengan Android API Level 21 dan Level 19

Ini bukan tentang Mall Level 21 yang ada di Denpasar, tetapi tentang bagaimana bermain-main dengan Android. Yap, bermain-main dengan membuat aplikasi Android. Ini hanya artikel catatan untuk saya. Kenapa? Karena saya sering lupa pernah melakukan ini, hehe.

Berikut ini, merupakan salah satu teknik untuk membuat status-bar pada layar aplikasi android yang kita buat memiliki warna khusus.

screen-shot-2017-01-25-at-5-19-49-pm

Pembahasannya ada di link berikut:
http://stackoverflow.com/questions/38479799/status-bar-color-for-api-level-below-21-is-not-changing 

Ini salah satu teknik saja untuk mengingatkan saya, dan sudah saya implementasikan di aplikasi pada link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.apkbackupbwi&hl=en

Ok, akhir kata…
Happy Coding